wibiya widget

Jumat, 25 Februari 2011

Manfaat pisang


Pisang (Musa Paradisiaca, Linn.) berasal dari Asia dan tersebar di spanyol, Itali, Indonesia, Amerika dan bagian dunia yang lain.
Tumbuhan ini menyukai daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari, cocok tumbuh didataran rendah sampai pada ketinggian 1000 meter lebih diatas permukaan laut.
Pada dasarnya tanaman ini merupakan tumbuhan yang tidak memiliki batang sejati. Batang pohonnya terbentuk dari perkembangan dan pertumbuhan pelepah pelepah yang mengelilingi poros lunak panjang. Batang yang sebenarnya terdapat pada bonggol yang tersembunyi di dalam tanah.
Pemanfaatan buah ini antara lain sebagai berikut :

Kanker Perut
Tunas/anak batang pohon diparut dan diambil airnya sebanyak 4 gelas, kemudian direbus bersama dengan benalu teh sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore dan dilakukan secara teratur.


Sakit Kuning
Makan yang banyak buah pisang emas yang sudah masak

Pendarahan Usus Besar
Tunas diparut dan diperas untuk di ambil airnya sebanyak 2 gelas kemudian  direbus bersama dengan bonggol benalu teh tersebut sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Disaring dan diminum 2 kali sehari 1 cangkir.

Keluarga Berencana
Bunga Pisang ambon  direbus dengan air sampai mendidih. Diminum airnya 2 kali sehari,  pagi hari dan sebelum tidur. Dilakukan selama 7 hari berturut turut sesudah menstruasi atau melahirkan.

Ambeien
Buah pisang kluthuk yang masih mentah diparut untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan adas pulasari secukupnya dan 1 potong gula merah dan diaduk sampai merata. Disaring dan diminum.

Sariawan Usus
Kulit kluthuk dan buah yang mentah diiris-iris tipis, kemudian ditumbuk halus, diperas sampai keluar airnya dan diembun-embunkan semalam di luar rumah. Diminum setelah bangun tidur / pagi hari.

Pendarahan Rahim
Tunas diparut dan diambil airnya sebanyak 2 gelas kemudian direbus bersama dengan bonggol benalu teh sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Disaring dan diminum 1 kali sehari 1/2 gelas.

Merapatkan Vagina dan Mencegah Pendarahan
Batang pohon pisang batu yang belum berbunga dipancung untuk diambil airnya yang bersih. Digunakan untuk mencuci Vagina setelah bersalin.

Mencegah Pendarahan Sehabis Melahirkan
Batang pohon diparut untuk diambil airnya. Disaring dan diminum 2 kali sehari 1/2 gelas.

Cacar Air
Bonggol batang kluthuk diparut untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan adas pulosari sampai merata. Disaring dan diminum.

Telinga Bengkak
Kulit pisang kustruk dipanggang dan dalam keadaan hangat-hangat diperas untuk diambil airnya. Dioleskan pada bagian telinga yang bengkak.

Tenggorokan Bengkak
Bonggol pisang kapok diparut dan diperas untuk diambil airnya. Dipakai untuk kumur.

Disentri
Bonggol kluthuk diparut untuk diambil airnya sebanyak 1/2 gelas. Diminum 3 hari sekali

Diare (orang dewasa)
Buah pisang kapur mentah,  dibakar dan dimakan

Amandel
Bonggol batangnya diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian diminum.

Diare (Bayi)
Pisang kapok (kepok) mentah diiris-iris dan digoreng tanpa minyak,  dimakan oleh ibu yang sedang menyusui bayi.
Menurut penelitian, buah ini mengandung kadar antara lain :
  • Vitamin A, B1, C
  • Lemak
  • Mineral (Kalium, chlor, natrium, magnesium, posfor )
  • Karbohidrat
  • Dextrose
  • Air
  • Sucrose
  • Levulose
  • Zat Putih telur
  • Zat Tepung

(di pos kan oleh  www.AnneAhira.com )

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar